Saturday, January 26, 2019

Ba’asyir Tolak Pancasila Dianggap Bukti Program Deradikalisasi Gagal

BERITASAYABET – Pengamat teroris Al Chaidar menilai program deradikalisasi untuk para narapidana kasus terorisme yang dijalankan pemerintah selama ini gagal total. Salah satu buktinya ialah kabar Abu Bakar Ba'asyir yang menolak mentah-mentah mengakui kesetiaannya pada Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Menurut Al Chaidar, program deradikalisasi sebenarnya gagal semenjak peristiwa bom bunuh diri di Kantor Polres Poso, Sulawesi Tengah, pada 2013. Peristiwa itu, dan eksodus mantan narapidana teroris ke Suriah dan Mindanao, memperkuat bukti kegagalan program deradikalisasi.
Sebenarnya, kata Al Chaidar, kegagalan itu lebih karena ketidajelasan konsep deradikalisasi. Pemerintah, yakni Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Agama, BNPT, dan Badan Intelijen Negara, masih menggunakan konsep deradikalisasi sebagai program rehabilitasi non-klinis. “Namun program tersebut tidak terpadu satu sama lain," ujarnya.

No comments:

Post a Comment

Ini Alasan Bibi Memutuskan Vanessa Angel

BERITASAYABET  - Secara mengejutkan hubungan Vanessa Angel dan Febri Ardiansyah dikabarkan kandas. Mereka memutuskan untuk berpisah seca...